Saturday, January 6, 2018

Sejarah Awal Dari Tattoo di Dunia

Sejarah Awal Dari Tattoo di Dunia

Sejarah Awal Dari Tattoo di Dunia

XKM - Tato atau dalam bhs inggris dimaksud dengan tatoo, sesungguhnya tato atau tatoo datang dari kata tatau yang datang dari bhs Polyneshia yang bermakna berikan sinyal. Histori mencatat tato diketemukan oleh bangsa eropa waktu menelusuri ke benua Amerika pada era 18 masehi, tetapi sesungguhnya histori tato tambah lebih tua dari pada itu. 

Sumber histori yang lain mengatakan kalau tato telah di kenal mulai sejak 50 juta th. sebelumnya masehi, dengan diketemukannya manusia es di pegunungan Alpen dengan sekujur badan penuh dengan gambar serta titik-titik. banyak kebudayaan yang mengetahui tato, seperti jepang, suku dayak (kalimantan), cina, tahiti, polinesia, rusia, serta mesir. Sedang pada orang-orang Jawa, pengenalan tato telah ada sejak zaman sebelumnya kolonial 

Maksud tato 


Tato mempunyai maksud serta peranan yang bermacam tetapi bisa disebutkan tato dipakai untuk memberi sinyal untuk si pemakai. dalam masyrakat jepang, tato digunakan jadi satu bentuk ritual serta lalu berubah peranan jadi satu sinyal keluarga (zaman shogun tokugawa), tato pada orang-orang jepang terdapat di muka. pada orang-orang polinesia tato digunakan jadi sinyal kedewasaan ditujukan untuk lelaki (di bawah pinggang mirip celana pendek) serta wanita (dipergelangan tangan serta kaki). 

Pada orang-orang mesir, tato digunakan jadi satu sinyal bangsawan serta kecantikan (di alis serta pergelangan tangan). sedang pada orang-orang dayak purba, tato digunakan jadi sinyal bangsawan (pergelangan tangan serta kaki) serta ritual keagamaan yang ditujukan untuk pemangku kebiasaan dan dukun (sekujur badan). 


Pergeseran peranan tato 


Bersamaan perubahan zaman penjajahan, tato dipakai jadi sinyal pengenal untuk tentara, pelaut, serta penjahat. di Indonesia, pada zaman kolonial tato digunakan jadi sinyal penjahat lewat cara memberi cap ditubuh yang gampang tampak dengan besi panas yang dibuat. pada zaman masa perang dunia, tato jadi sinyal pengenal untuk tentara serta pelaut, sedang pada saat saat ini tato mulai mempunyai peranan jadi karya seni. 

Tato pada orang-orang Indonesia 


Orang-orang Indonesia telah lama mengetahui tato tetapi tato jadi satu hal yang tabu karna ada unsur agama serta peranan tato terlebih dulu yang dipakai jadi lambang untuk penjahat. Pada th. 1960an, beberapa penjahat diikuti dengan tato yang lalu keluar satu arti tato penjara. 

Joshua Barker yaitu satu diantara peneliti yang sempat mempelajari tato di Indonesia, Barker temukan kalau dalam orang-orang moderen Indonesia, tato masih tetap jadi satu hal yang tabu karna mempunyai kesan erat dengan kriminalitas. Pada masa era 21 ini, orang-orang Indonesia telah bisa terima tato jadi satu bentuk seni walau tetaplah ada kesan negatif untuk pemakai tato. Dengan semuanya uraian di atas mari kita kumandangkan tatoo is not crime

No comments:

Post a Comment