Monday, January 8, 2018

Sejarah Lubang Buaya Yang Sangat Mengharukan

Sejarah Lubang Buaya Yang Sangat Mengharukan

Sejarah Lubang Buaya Yang Sangat Mengharukan

Terima Kasih pada anda yang sudah melihat beberapa dari diorama momen biadab yang dikerjakan oleh PKI. Janganlah dibiarkan momen seperti itu terulang kembali. Cukup telah tetes darah serta air mata membasahi bumi pertiwi. 

XKM - Demikianlah kalimat yang tercantum pada dinding Museum Pengkhianatan PKI. Histori kekejaman itu juga tertulis di kompleks Lubang Buaya yang ada di Pondok Gede, Jakarta Timur. Museum ini berdekatan dengan Lapangan Udara Halim Perdanakusuma serta tidak jauh dari Mabes TNI Angkatan Udara.

Museum lubang buaya dibuat serta diresmikan pada masa pemerintahan Presiden ke-2 Soeharto. Maksudnya adalah untuk kembali kenang perjuangan beberapa pahlawan revolusi untuk membebaskan Indonesia dari ancaman ideologi komunis.

Kompleks museum lubang buaya terbagi dalam Monumen Pancasila Sakti, Ruangan Penyiksaan, Museum Pengkhianatan PKI, Dapur Umum PKI, Pos Komando PKI, Museum Paseban, ruangan teater dan Sumur Maut berkedalaman 12 mtr. serta berdiameter 75 cm yakni tempat dikuburnya ke-7 jenderal yang diculik PKI.

Di museum pengkhianatan PKI sebelumnya ruangan diorama, ada ruangan yang menghadirkan tiga mosaik, diantaranya korban keganasan pemberontakan PKI di Madiun pada 1948, pengangkatan jenazah 7 pahlawan Revolusi di lubang buaya pada 4 Oktober 1965, serta Sidang Mahkamah Militer Luar Umum pada beberapa tokoh PKI th. 1966-1967.

Masuk lorong diorama, ada satu diantara diorama yang dikerubungi pengunjung, yaitu pemberontakan PKI di Madiun th. 1948. Diorama itu menceritakan waktu Republik Indonesia repot hadapi Belanda, PKI memperlancar kampanye politik menyerang pemerintah, lakukan tindakan teror, mengadu domba angkatan bersenjata serta lakukan sabotase ekonomi.

Pada 18 September 1948 awal hari, PKI lakukan tindakan pembunuhan pada beberapa tokoh militer, petinggi pemerintah, serta tokoh orang-orang di Madiun. PKI lalu menginformasikan berdirinya Soviet Republik Indonesia dan pembentukan Pemerintah Front Nasional di Gedung Karesidenan Madiun.

Diluar itu, di tempat Monumen Pancasila ada satu tempat tinggal kecil yang di kenal dengan nama Tempat tinggal Penyiksaan. Ketika terjadinya pemberontakan, tempat tinggal ini dipakai oleh pasukan G30S PKI jadi tempat menarik serta menyiksa beberapa Jenderal, sebelumnya pada akhirnya dibunuh sampai dimasukkan kedalam sumur maut.

Setelah itu di museum Paseban, ada diorama mengenai momen G30S PKI dari mulai rapat persiapan pemberontakan, penculikan beberapa Jenderal, serta tertembaknya Ade Irma Suryani Nasution yaitu putri dari Jenderal A. H Nasution adalah perwira tinggi tujuan penculikan yang berhasil melarikan diri.

Lihat histori yang diceritakan di museum ini, buat tempat ini senantiasa ramai pengunjung. Diantaranya, murid-murid sekolah, orang-orang, ataupun sanak keluarga yang isi waktu luang untuk mengedukasi putra-putrinya supaya selalu mengingat jasa perjuangan pahlawannya.

" Siswa di ajak kesini menurut saya satu diantaranya untuk ketahui agama kalau manusia mesti beragama, karna yang kita kenali komunis itu tidak mengetahui Tuhan. Apa pun agamanya yang diyakini di Indonesia itu juga akan membawa Indonesia maju serta baik, " papar kepala sekolah TPQ Ittihad Alliyah di Monumen Pancasila Sakti, Lubang buaya, Jakarta Timur, Kamis (21/7).

Keadaan museum lubang buaya ini juga masih tetap bagus, benda histori dan dioramanya terlihat tertangani. Halamannya bersih serta taman taman di sekelilingnya senantiasa dilestarikan.

" Perhatian pemerintah pada museum ini cukup bagus, mereka begitu memerhatikan museum di Indonesia, serta monumen nasional, ataupun museum-museum yang berada di lingkungan TNI, " kata Kepala Monumen lubang buaya Winarsih di tempat, Jakarta Timur, Rabu, (21/7).

Di peluang yang sama, Kepala Monumen Lubang Buaya Winarsih mengharapkan, generasi muda lebih menyukai negara, lebih mengetahui histori serta bangsanya.

1 comment:

  1. Mau tips menang poker????
    Klik ======> www.winning303.fun/poker

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar Winning303

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete