Thursday, December 21, 2017

Sejarah Awal Dari Penemuan Mikroskop

Sejarah Awal Dari Penemuan Mikroskop

Sejarah Awal Dari Penemuan Mikroskop


XKM - Beberapa besar kita tentu tidak asing dengan mikroskop. Tetapi ketika kita di tanya pengertian mikroskop serta histori penemuannya, belum juga pasti semuanya kita dapat menjawabnya dengan benar. Yah umumnya kita cuma tau pengertian biasanya saja, kalau mikroskop yaitu alat bantu yang dipakai untuk lihat benda-benda yang memiliki ukuran kecil. 

Meskipun pengertian diatas telah benar, tapi tak ada kelirunya juga kita memerhatikan lebih detail sekali lagi penjelasan mengenai pengertian serta histori penemuan mikroskop di bawah ini. 

Pengertian Mikroskop 


Diliat dari sisi etimologi mikroskop datang dari kata mikro serta scopium. Mikro mempunyai makna kecil sedang scopium bermakna pengelihatan. Hingga dengan arti lugasnya, mikroskop yaitu satu alat bantu yang dipakai untuk lihat objek memiliki ukuran mikro (kecil) serta sulit untuk diliat dengan mata telanjang.  

Dalam kerjanya, mikroskop dibantu oleh sebagian lensa yang berperan jadi besar bayangan objek sampai sekian kali dari aslinya. Oleh karenanya, mikroskop begitu bermanfaat menolong beberapa ilmuan agar bisa mempelajari benda-benda kecil berbentuk sel, jaringan, partikel maupun mikro organisme yang mustahil bisa tampak terang oleh mata. 

Sejarah Penemuan Mikroskop 


Dalam banyak literatur dijelaskan kalau orang pertam yang menggagas sekalian membuat mikroskop yaitu Zacharias Janssen. Pada th. 1590 dibantu oleh Hans Janssen, sosok yang setiap harinya berprofesi jadi pembuat kacamata ini berhasil temukan satu alat yang bisa buat objek tampak semakin besar 150 kali dari aslinya. 

Penemuan ini berikan motivasi ilmuan-ilmuan beda untuk meningkatkan alat yang sama. Terdaftar ilmuan populer sekelas Galileopun nyatanya tergerak untuk meningkatkan mikroskop. Pada kisaran th. 1610 M, Galileo berhasil menemuakan satu mikroskop optik yang ia berikan nama dengan namanya sendiri. 

Pada th. 1668-1677 seseorang ilmuan berkebangsaan Belanda bernama Antonie Van Leeuwenhoek berhasil meningkatkan mikroskop berlensa tunggal yang mempunyai kekuatan jadi besar objek sebesar 270 kali lipat. Penemuannya ini sudah mengantarkan nama Antonie Van Leeuwenhoek jadi orang pertama yang berhasil lihat bakteri. 

Akhirnya penemuan-penemuan mereka waktu itu begitu besar sumbangsihnya pada perubahan ilmu dan pengetahuan. Sekarang ini, telah banyak diketemukan beragam varian mikroskop seperti mikroskop sinar serta elektron. Kekuatannya dalam jadi besar penampakan objekpun pastinya jauh semakin besar dari mikroskop konvensional yang diperkembang oleh beberapa orang terdahulu. Sekurang-kurangnya, sekarang ini laboratorium telah memakai mikroskop sinar yang mempunyai kekuatan jadi besar 1000 kali lipat dari bentuk aslinya. 

Sekian kajian sekitar pengertian mikroskop serta histori penemuannya. Janganlah lupa untuk membaca artikel yang lain mengenai mikroskop.

No comments:

Post a Comment