Sunday, December 17, 2017

Sejarah Awal Permen Yang Sangat Menarik

Sejarah Awal Permen Yang Sangat Menarik

Sejarah Awal Permen Yang Sangat Menarik


XKM - Permen kita kenali begitu disenangi didunia serta tahu tidak bila sesungguhnya Resep permen telah tertulis di makam Firaun Tutankhamen serta Ramses yang hidup 40 era yang lalu. Masa itu permen di buat dari madu, rempah-rempah ditambah biji-bijian agar gurih. 

Saat Iskandar Agung dari Masedonia menaklukan Persia, 24 era waktu lalu di ketahui tentaranya sukai menghisap-isap kand. Permen primitif itu adalah tangkai tanaman yang dicelup ke madu digabung rempah-rempah. 

Karna madu tidak gampang didapat, permen adalah barang elegan. Mengapa tidak menggunakan gula saja? Habis, saat itu manusia belum juga dapat buat gula. 

Baru pada aban ke-3 atau ke-4 manusia dapat buat gula tebu di Persia. Pengetahuan ini menebar ke Arab, Afrika Utara serta Eropa. Permen juga di buat dari gula. Dalam bhs Inggris permen dimaksud candy. Mungkin saja datang dari kata kand (permen serdadu Iskandar Agung itu), mungkin saja juga dari kata Arab qand yang berarti gula. 

Pada akhir era ke-15, Columbus mengenalkan tebu dari benua Amerika ke pelbagai tempat. Bermunculah perkebunan tebu serta lalu pabrik gula di daerah tropis. Era XIX, di jaman Kaisar Napoleon, produksi gula bit digalakan di Eropa. Di semua dinia jadi semakin banyak serta lebih murah. 

Pertengahan era ke-19 manusia dapat buat mesin-mesin mutakhir pembuat permen dapat di buat banyak serta murah. Kurang lebih seabad lalu, di kota ataupun di desa, kita dapat beli permen. 

Dahulu di Indonesia, permen dimaksud “kembang gula” atau “gula-gula”. Kata “permen” Hanya digunakan untuk menyabut permen rasa peppermint yang putih, pipih, bulat, serta pedas. Tak tahu bagaimana, kata permen dapat menukar “kembang gula” atau “gula-gula”. 

Tersebut beragam type permen serta penemunya : 


Permen Cokelat 


Permen cokelat pertama didunia di ciptakan oleh seseorang Belanda, Conrad J. Van Houten pada th. 1828. Dia yang memeras biji cokelat yang dimasaknya yang lalu digabung gula sampai membuatnya permen. 

Permen Karet


Thomas Adams, seseorang Amerika yang membuat permen berbahan karet pada th. 1869. Penemuannya tidak berniat karna awalannya ia menginginkan buat mainan dari ban sepeda tetapi percobaannya senantiasa tidak berhasil. Saat ia memasukan karet kedalam mulutnya timbulah inspirasi untuk memberikan rasa di karet itu sampai terwujudlah permen karet. 1871 temuannya itu dipatenkan. 

Permen Coklat Susu 


Pada th. 1875, Henry Nestle, seseorang pembuat susu kental manis serta Daniel Peter, seseorang pembuat cokelat yang menggabungkan dua unsur ini jadi satu serta membangun perusahaan cokelat susu pertama didunia 

Permen Lolly Pop 


Lolly Pop, permen bertangkai ini dinamakan oleh George Smith H, berdasar pada nama kuda balapnya pada th. 1908. Tidak banyak di ketahui awal dari kehadiran permen lollypop ini. Tetapi mesin pembuat permen Lolly Pop di ciptakan oleh Samuel Born warga Amerika keturunan Rusia. 

Permen Mint 


Pada th. 1912 Clarence Crene membuat permen mint. Kehadiran permen mint tersebut sesungguhnya telah berada di daratan Eropa tetapi umumnya berupa persegi. Crene pada akhirnya coba buat permen mint dengan bentuk yang beda yakni bulat serta bolong ditengahnya. 'Life saver' tersebut nama awal permen ini dimaksud karna memanglah memiliki bentuk serupa seperti pelambung atau ban menyelamat, serta saat ini permen ini lebih di kenal orang dengan sebutan permen polo.

No comments:

Post a Comment