Wednesday, December 20, 2017

Sejarah Awal Terbentuknya Negara ISIS

Sejarah Awal Terbentuknya Negara ISIS

Sejarah Awal Terbentuknya Negara ISIS


XKM - Berdasar pada catatan Wikipedia, ISIS sudah terjadi karna ada satu gejolak di dalam negara Irak serta Suriah. Semula terjadinya hal semacam ini saat pasukan Amerika Serikat sudah menyerang Irak karna di tuding sudah buat senjata pemusnah masal pasa tanggal 18 Maret 2003 yang kemarin. 

Waktu itu dibawah pimpinan presiden Hussein, Irak dengan mudahnya bisa di kalahkan oleh tentara tentara koalisi dari Amerika Serikat. Namun…tidak untuk rakyat rakyatnya, di mana sebagian rakyat Irak yang sudah terhimpun dalam deretan grup gerilyawan sudah pilih untuk menjaga negaranya dari serangan tentara AS. 

Pas pada 15 Agustus 2005, grup gerilyawan itu sudah mempersatukan diri dengan membuat satu Majelis Syura Mujahidin, di mana dengan berdirinya majelis itu pada akhirnya pas 13 Oktober 2006, Negara Islam Irak sudah di deklarasikan dengan mengangkat Abu Umar al-Baghdady jadi pemimpinnya. 

Dengan berjalannya saat, pada akhirnya Abu Umar al-Baghdady sudah tutup umur dalam pertempuran, serta saat itu berbarengan dengan revolusi yang berlangsung di sebagian Negara di Jazira Arab serta sebagian Negara di Afrika utara (mesir, Tunisia, Libya) jadi tempat dari Abu Umar al-Baghdady sudah di gantikan oleh Abu Bakar al-Baghdadi per 15 Mei 2010. 

Pada saat itu juga sesungguhnya Suriah sudah di landa demonstrasi besar besaran untuk turunkan Presiden Bahsar Assad, namun satu usaha upaya itu sudah diterima dengan tindakan aksi kekerasan oleh tentara Suriah, jadi dari situlah rakyat rakyat Suriah sudah lakukan satu perlawanan lewat grup kelompok bersenjata yang ada. 

Lebih hebatnya lagi…kelompok grup bersenjata itu sudah memperoleh pertolongan dari beberapa pejuang diluar negeri, yang mana salah stunya yaitu dari Negara Islam Irak. Imbas pertolongan yang ada paling tidak buat grup pejuang rakyat Suriah itu dapat untuk membebaskan sebagian kota. 

Kota yang berhasil di lepaskan itu termasuh kota perbatasan dengan Irak, dengan terdapatnya pembebasan itu, jadi menyatulah sebagian kota yang berada di Irak dengan kota Suriah, yang mana penyatuan itu sudah di naungi oleh Negara Islam Irak. 

Nah…karena perihal ini pula yang sudah mengakibatkan pada 9 April 2013 berlangsung pendeklarasian Negara Islam Irak serta Syuriah atau lebih kita akrab dengan sebutan ISIS dengan pimpinan Abu Bakar al-Baghdady. Terdaftar sampai Maret 2014 ini, lokasi yang di kuasai ISIS sudah mencakup 400. 000 km2 di dua Negara itu.

No comments:

Post a Comment